Thursday, October 24, 2013

Kegiatan Rumah Tangga Malah Bikin Tambah Gemuk ?

Kenapa kita yang rajin mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, menyeterika, dan kegiatan rumah tangga lainnya, kok tubuh makin tambun aja ya ? Apalagi sekarang makin tren diet ala Deddy Corbuzier.
Menurut studi terkini di Irlandia Utara, para peneliti mengungkapkan bahwa orang-orang yang memasukkan kegiatan rumah tangga sebagai bagian dari porsi latihan rutin cenderung memiliki berat badan lebih.

Mengapa?

Profesor Marie Murphy, yang memimpin studi tersebut mengatakan: “Kegiatan rumah tangga adalah aktivitas fisik, dan aktivitas fisik secara teoritis meningkatkan jumlah kalori yang dikeluarkan. Tapi kami menemukan bahwa kegiatan rumah tangga berbanding terbalik dengan kelangsingan tubuh, yang menunjukkan bahwa orang menghitung berlebihan jumlah aktivitas fisik intensitas sedang yang mereka lakukan melalui pekerjaan rumah tangga, atau makan terlalu banyak untuk mengimbangi jumlah kegiatan yang dilakukan”.

Dalam studi yang dilakukan secara nasional terhadap 4.653 dewasa berusia 16 tahun ke atas itu, hanya 42% peserta yang memenuhi rekomendasi 150 menit aktivitas berintensitas sedang sampai berat (moderate to vigorous intensity physical activity/MVPA) per minggu. Kegiatan rumah tangga menyumbang antara 11-73% dari porsi MVPA itu. Kaum perempuan dan orang yang lebih tua cenderung memasukkan kegiatan rumah tangga ke dalam porsi aktivitas mingguan.

Meskipun menyapu, membersihkan jendela, menyedot debu dan memotong rumput dapat dihitung sebagai MVPA,  intensitas pekerjaan tersebut sangat bervariasi dari orang ke orang.

Hasil studi menunjukkan bahwa semakin banyak jam kegiatan rumah tangga yang dilaporkan seseorang, semakin cenderung berat badannya meningkat. Para peneliti mengatakan bahwa salah satu penjelasan yang mungkin adalah “bahwa orang yang kurang ramping mungkin melaporkan kegiatan rumah tangga lebih intens daripada rekan-rekan mereka yang lebih ramping.”

Untuk dapat menghitung kegiatan rumah tangga sebagai bagian dari latihan rutin, Anda harus lebih intens melakukannya. Atau bila tidak cukup, sebaiknya juga lakukan olahraga seperti jogging, bersepeda dan berenang untuk memenuhi rekomendasi latihan MVPA 150 menit per minggu.

SUMBER

0 komentar:

Post a Comment