Sunday, October 13, 2013

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Sebelum mencoba untuk mendapatkan kehamilan, ada baiknya Anda menyiapkan tubuh Anda setidaknya satu bulan sebelumnya agar kehamilan Anda berjalan lebih mudah, lebih sehat, berakhir dengan kelahiran bayi yang sehat dan Anda kembali pulih dengan cepat.

Berikut adalah 10 tips kesehatan untuk membantu Anda mempersiapkan kehamilan yang terbaik:

  1. Kunjungi dokter atau bidan Anda untuk mengetahui kesiapan Anda. Kondisi kesehatan yang baik diperlukan dari sejak pra- kehamilan. Dokter atau bidan dapat  mengevaluasi berat badan Anda sekarang dan menetapkan target kenaikan berat badan selama kehamilan. Dia juga dapat memberikan imunisasi dan pemeriksaan lanjutan, bila diperlukan.
  2. Kunjungi dokter gigi Anda.  Ya,  gigi  yang sehat juga diperlukan untuk mendukung kehamilan Anda.  Banyak infeksi gigi yang bisa menjalar ke bagian tubuh lain dan merugikan kesehatan dan menyebabkan kelahiran prematur atau berat lahir bayi rendah. Pastikan dokter gigi mengevaluasi kesehatan gigi Anda secara menyeluruh.
  3. Dapatkan berat badan yang sehat, terutama bila Anda terlalu kurus atau terlalu gemuk. Konsultasikan dengan dokter Anda bagaimana mencapai target berat badan yang sehat.
  4. Makan diet seimbang, yang mencakup makanan yang bervariasi dari semua kelompok makanan dasar. Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan seperti kerang laut, lalapan mentah, dll yang mungkin berisiko kesehatan.
  5. Berhenti mengkonsumsi semua suplemen, kecuali yang disetujui oleh dokter Anda. Anda mungkin perlu menggantikannya dengan suplemen prenatal mulai sekarang, seperti asam folat, vitamin B dan besi (terutama bila Anda dikhawatirkan anemia)
  6. Mulailah mengurangi asupan kafein. Konsumsi kopi Anda sebaiknya  tidak lebih dari satu cangkir sehari. Anda juga perlu menghindari sumber kafein lain, termasuk minuman ringan dan obat-obatan berkafein.
  7. Berhenti merokok, termasuk merokok pasif (mintalah suami Anda berhenti merokok, atau setidaknya menjauh dari Anda saat merokok. Merokok dapat berisiko serius terhadap perkembangan janin.
  8. Perhatikan keselamatan diri.  Berhati-hatilah bila Anda bekerja di lingkungan berbahan kimia dan penuh polutan. Hindari bahan pembersih, pestisida, bahan kimia dan cat berbahaya.
  9. Hindari potensi infeksi. Cuci tangan Anda secara teratur dengan sabun dan air setelah menggunakan kamar mandi, membuang ingus atau mengolah tanah. Hindari daging mentah, ikan mentah dan produk susu yang tidak dipasteurisasi. Anda juga harus menjauhi kotoran dan bulu kucing (yang mungkin mengandung toksoplasma).
  10. Mulailah rutinitas olahraga yang wajar . Olahraga baik untuk semua orang, terlebih lagi bagi calon ibu.  Hanya berjalan kaki, senam atau yoga selama 30 menit setiap dua hari  sekali sudah cukup untuk membantu menjaga kebugaran atau menurunkan berat badan.
SUMBER

0 komentar:

Post a Comment