Wednesday, April 9, 2014

ASI Hebat, Ibu Sehat, Bayipun Senang

Gambar. Foto Bersama Audiensi Utusan Klinik Umum & Bersalin Rumah Sehat Wahida Dengan Beberapa Pengurus AIMI cabang Sumut




Medan, 08 April 2014 ( 14.30-15.30 WIB)

Air Susu Ibu (ASI) ekslusif merupakan makanan terbaik bagi bayi hingga usianya genap 2 tahun. Namun, rendahnya pengetahuan ibu terhadap manfaat terbaik ASI sering membuat anak kehilangan haknya. Apalagi situasi ini makin diperparah dengan iklan-iklan susu formula yang sangat intens sehingga ASI semakin terabaikan kebaikannya oleh ibu sendiri.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi penurunan angka pemberian ASI eksklusif antara lain pengaruh kuat iklan susu formula, pemberian ASI yang diikuti pemberian susu formula, serta konsumen yang tidak dapat membedakan antara iklan susu formula bayi dengan susu formula lanjutan.

Beberapa faktor yang lain seperti keyakinan ibu yang menghambat pemberian ASI seperti ASI nya yang tidak keluar, tentu dibutuhkan perlakuan dan dukungan yang tepat untuk memperlancar ASI.

Studi statistik menunjukkan bahwa angka ibu menyusui ditahun 2013 adalah sebesar 42 persen atau diurutan yang 37 dari 40 negara yang mengumpulkan data ibu menyusui. Jumlah ini lebih baik daripada data tahun 2010 dimana angka ibu menyusui di Indonesia hanya 15,3 persen. Tentu angka ini masih jauh dari angka idel 100 persen.

Sebagai klinik yang concern terhadap pemberian ASI ekslusif bagi Ibu kepada bayinya maka Rumah Sehat Wahida bersama Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) cabang Sumatera Utara (SUMUT) bersama sama untuk terus bergerilya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat umum maupun tenaga kesehatan seperti bidan, perawat dan dokter tentang keunggulan ASI yang hingga saat ini tak ada satupun susu formula yang mampu menandingi anugrah Tuhan tersebut.

Kedepannya, Klinik Umum Dan Bersalin Rumah Sehat Wahida bersama AIMI cabang SUMUT akan bersama-sama untuk mengadakan pelatihan, kelas edukasi, maupun seminar kesehatan untuk mengkampanyekan ASI eksklusif di Rumah Sehat Wahida.

Salam ASI Eksklusif.(/red)

0 komentar:

Post a Comment