Tuesday, August 12, 2014

4 Cara Paling Murah Dan Mudah Mengatasi Dislipidemia



by : Dokter Novelia Dian T - Dokter Klinik Rumah Sehat Wahida
Apa itu dislipidemia? Penyakit dislipidemia adalah gangguan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan fraksi lipid dalam plasma. Di mana peningkatan abnormal itu terjadi pada kadar kolesterol total, kolesterol LDL, trigliserida, sedangkan HDL yang berperan penting untuk kesehatan jantung mengalami penurunan.

Secara umum dislipidemia dibagi menjadi 2 klasifikasi, yaitu primer dan sekunder. Kalau primer merupakan kelainan kolesterol pada kolesterol total LDL , trigliserida dan kadar koleterol HDL. Bisa dipastikan penderita dislipidemia pasti memiliki kadar kolesterol abnormal, yang dapat memicu penumpukan plak pada pembuluh darah tertentu . Secara umum, penderita ini akan mengalami serangan jantung.



Pada dislipidemia sekunder, serangan jantung umumnya disebabkan adanya penyakit kronis yang diderita seperti diabetes, kebiasaan merokok, alkohol dan obesitas. Kondisi ini bisa terjadi karena semua penyakit dan kebiasaan buruk itu memicu resistensi insulin dalam tubuh sehingga peredaran darah terganggu dan memicu gangguan pada penyakit jantung dan pembuluh darah.

Bagaimana cara mengatasi dislipidemia?

Berikut tips mencegah dislipidemia secara MURAH dan MUDAH :

1. Olah raga teratur 3x / minggu

2. Makan buah dan sayuran setiap hari

3. Hindari makan makanan tinggi lemak

4. Hindari stress

Dianjurkan untuk mengontrol secara rutin kadar kolesterol untuk mendapat penanganan yang tepat.

0 komentar:

Post a Comment