Sunday, August 3, 2014

Habis Lebaran Kok Malah Sakit ?



Lebaran 1 Syawal 1435 H sudah kita lalui. Puasa 1 bulan lamanya sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, setelah berpuasa kemudian berlebaran, kok makin banyak yang jatuh sakit ? Tanya kenapa ?

Nah, sudah menjadi kebiasaan kita di saat jamuan lebaran kita sepertinya "balas dendam" dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula. Tak heran dapat mengakibatkan kambuh nya penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, aktifitas mudik yang sangat menguras tenaga dan waktu sering membuat daya tahan tubuh pun ikut menurun sehingga mudah terserang penyakit seperti flu dan infeksi saluran pernapasan.

Bagi anak-anak kita, momen lebaran juga merupakan saat tepat bagi mereka mengkonsumsi makanan olahan seperti tinggi gula, makanan instan dan bersoda. Maka tak heran jika anak-anak kita juga sering mengeluh mencret, sakit perut dan muntah-muntah.

Belum lagi kalau kita pembantu ikut pulang mudik. Pastinya begitu lebaran selesai, akan meninggalkan sangat banyak pekerjaan rumah 



Mengapa hal ini terjadi ? Apakah puasa selama 1 bulan lamanya di bulan Ramadhan tidak mampu membuat kita lebih sadar untuk memelihara kesehatan ? Atau kitanya saja yang terlalu latah mengikut kebiasaan yang dapat merusak kesehatan seperti merokok, makan-makanan berlemak dan tinggi gula dan lain sebagainya di hari yang fitri ?


Nah, ingatlah sebuah pepatah : " Mencegah lebih baik daripada mengobati"



Pepatah di atas memang sudah tua dan terlalu lama kita dengar. Tapi dari pengalaman kami menangani pasien, justru pepatah inilah satu-satunya yang dapat menghemat waktu, tenaga dan uang dari serangan berbagai penyakit yang bisa saja datang dari makanan yang dikonsumsi.

Sekian tips sehat dari kami.

Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Mohon Maaf Lahir Dan Batin

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H

0 komentar:

Post a Comment