Wednesday, March 13, 2013

7 Kiat Merawat Ksehatan Mata

Cara mengatasi kelainan pada mata Mata adalah salah satu indera kita yang paling penting. Dengannya kita bisa mengetahui keadaan lingkungan dan alam semesta. Mata sebagai indera penglihatan harus berfungsi dengan baik, karena mata sangat berguna untuk kegiatan kita sehari-hari. Sebaliknya, kelainan pada mata dapat mempengaruhi aktifitas dan kebiasaan kita pada lingkungan sekitar.

Kelainan mata bisa terjadi pada siapa saja, termasuk kita sendiri. Dengan memahami berbagai kelainan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya akan membantu kita seandainya kita mengalami gangguan mata.

Kelainan pada mata dan cara mengatasinya

Berikut beberapa kelainan pada mata dan bagaimana cara mengatasi kelainan mata tersebut.

 Rabun jauh (myopia)

Orang sering menyebutnya juga dengan lamur. Rabun jauh bisa diartikan ketidakmampuan mata untuk melihat dengan jelas benda dalam jarak jauh. Rabun jauh disebabkan karena jarak titik api lensa mata lebih pendek atau lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan benda jatuh di depan retina.

 Cara mengatasi rabun jauh (myopia) adalah dengan memakai kaca mata lensa cekung (kacamata minus). Kacamata minus akan membantu menempatkan bayangan tepat pada retina.

Rabun dekat (hypermetropia)

Kebalikan dari rabun jauh adalah rabun dekat. Rabun dekat adalah ketidakmampuan mata untuk melihat dengan jelas benda dalam jarak dekat. Penyebab rabun dekat adalah karena lensa mata terlalu pipih. Titik api lensa berada di belakang retina sehingga mata tidak dapat melihat dengan jelas benda dalam jarak dekat.
Cara mengatasi rabun dekat (hypermetropia) adalah dengan memakai kaca mata lensa cembung (kacamata plus).  Dengan kacamata plus, sinar yang jatuh di belakang retina akan diposisikan kembali pada retina.

Mata tua (presbiopia)

Presbiopi sering disebut dengan mata tua. Yaitu menurunnya kemampuan mata dalam beradaptasi karena factor usia.. Penderita presbiopi tidak dapat melihat dengan jelas benda jarak dekat maupun jauh. Disebut mata tua karena kelainan mata ini banyak dialami oleh orang lanjut usia.

Cara mengatasi presbiopia adalah dengan memakai kacamata berlensa rangkap, yaitu bagian atas berlensa cekung (negatif) dan bagian bawah berlensa cembung (positif).

Rabun senja

Rabun senja disebut juga rabun ayam. Yaitu kondisi dimata mata tidak mampu melihat dengan jelas benda yang berada di tempat kurang cahaya atau remang-remang. Rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Karena itu, untuk mengatasi rabun senja, penderita harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Buta warna

Buta warna adalah ketidakmampuan mata untuk membedakan warna. Kelainan mata ini bersifat menurun. Ada dua macam buta warna, yaitu buta warna total dan buta warna sebagian. Buta warna total hanya bisa membedakan warna hitam putih saja. Sedangkan buta warna sebagian tidak bisa melihat warna tertentu, yaitu merah, biru, dan hijau.

Katarak

Katarak disebut juga bular mata. Penyebab katarak adalah lensa mata yang keruh sehingga masuknya cahaya pada retina jadi terhalang. Penderita katarak biasanya berusia di atas 55 tahun. Untuk mengatasi katarak, perlu dilakukan operasi mata.

Astigmatisme

Astigmatisme sering disebut mata silindris / silinder. Ini adalah gangguan mata yang disebabkan oleh ukuran lensa mata atau kornea tidak rata. Penderita gangguan ini tidak mampu melihat garis horizontal dan vertical. Cara mengatasi astigmatisme yaitu dengan memakai kaca mata dengan lensa silindris / silinder.

Mata Juling

Juling merupakan kelainan mata akibat ketidakserasian atau tidak sinkron-nya otot-otot mata. Bila penderitanya masih anak-anak, maka juling bisa diatasi dengan cara operasi.

Glaukoma

Kelainan mata ini ditandai dengan peningkatan tekanan di dalam bola mata. Tekanan terjadi karena adanya sumbatan pada saluran di dalam bola mata dan pembentukan cairan di bola mata yang berlebihan. Glaucoma merupakan kelainan yang serius. Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kebutaan.
Mengatasi glaucoma yaitu dengan minum obat-obatan ataupun dengan tindakan pembedahan.

Kiat singkat merawat kesehatan mata

Pertama,  biasakan membaca dengan cara yang benar, yaitu posisi mata lebih tinggi dari tulisan yang kita baca. Hindari membaca sambil tiduran

Kedua, saat membaca, jaga jarak pandang antara mata dengan tulisan sekitar 30 cm

Ketiga, membaca harus ditempat yang cukup cahayanya. Jangan terlalu redup atau terlalu terang

Keempat, hindari mata dari asap, debu, dan kotoran

Kelima, menonton televisi jangan terlalu dekat, jarak yang ideal minimal 3 kali diagonal pesawat televisi kita

Keenam, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A

Ketujuh, jika mata terasa sakit segera berobat ke dokter

Dengan senantiasa merawat kesehatan mata diharapkan kita bisa menghindari atau meminimalkan terkena kelainan mata seperti diatas. Semoga.

SUMBER

0 komentar:

Post a Comment