Friday, February 8, 2013

Yuk Mengolah Daun Sirih Untuk Obat Herbal Siap Sedia


Daun sirih adalah daun asli dari Indonesia yang memiliki manfaat kesehatan. Berikut cara pengolahan daun sirih untuk berbagai penanggulangan penyakit : 

Mengobati mimisan

Yang kita perlukan adalah satu lembar daun sirih, lalu gulung setelah itu masukkan ke hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar.

Obati diare

Siapkan 4 sampai 6 lembar daun sirih, dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa.Tumbuk semua bahan tersebut bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada perut.

Obat alergi dan gatal

Bahan : 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok teh minyak kayu putih. Caranya, semua bahan bersama-sama sampai halus, kemudian digosokkan pada bagian tubuh yang gatal.

Menghilangkan bau mulut

Ramuan ini juga dapat mengobati bau mulut disebabkan oleh kerusakan gigi dan bakteri mulut yaitu dengan cara di kunyah. Caranya daun sirih dicuci lalu kunyah dan biarkan beberapa menit dalam mulut, kemudian buang. Lakukan ini 2-3 kali sehari.  Cara kedua yaitu dengan cara berkumur. Rebus 5-6 daun sirih dengan 2 gelas air mendidih.  Dinginkan dan saring, gunakan untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore.

Obat gusi bengkak

Petik 5-6 lembar daun sirih. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

Mengobati gusi berdarah

Untuk menghentikan pendarahan gusi, Anda dapat mengambil 10 lembar daun sirih. Setelah dicuci, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Angkat dan disaring gunakan untuk berkumur.

Menghilangkan bau badan

Ambil 2-3 lembar daun sirih direndam dalam air panas 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air hangat. Kemudian Minum.

Radang Tenggorokan

Rendam 3 lembar daun sirih pada segelas air panas. Setelah airnya dingin gunakan air tersebut untuk berkumur dengan kepala menengadah ke atas dan rasakan air nya sampai ke pangkal tenggorokan. Lakukan 3 kali sehari.

Obat Keputihan

Siapkan 7 – 10 lembar daun sirih. Rebus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar organ kewanitaan.

Untuk pemakaian bagian kulit luar, manfaat daun sirih misalnya mengobati penyakit seperti eksim, luka bakar, koreng, kurap kaki, bisul dan menghilangkan gatal.

Karena lahan yang makin sempit, sekarang pohon sirih banyak ditanam dalam pot disekitar rumah. Baik sebagai tanaman hias ataupun sebagai tanaman obat yang setiap waktu bisa dimanfaatkan.


Untuk penggunaan daun sirih sebagai obat alternative, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter herbal medik yang berpengalaman seperti ke Rumah Sehat Wahida terlebih dahulu.

0 komentar:

Post a Comment